Selasa, 05 Maret 2013

Psikotest

Posted by krishna On 00.07
Tes psikologi adalah tes pengujian kepada seseorang untuk mengetahui kepribadian dan bidang apa yang cocok dengannya. Banyak kawan saya yang mendaftar kerja dan gugur pada tes psikologi ini, namun itu adalah kewajaran. Bisa jadi ketika melalui tes, nilainya diatas rata-rata kemudian dia tidak lulus karena pekerjaan yang ia daftarkan terlalu mudah untuk kategorinya. Sehingga pekerjaan yang lebih cocok untuk dirinya terabaikan. Itulah sebabnya orang yang pintar biasanya tidak lulus dalam tes psikologi untuk kategori pekerjaan yang cukup mudah.

Jenis- jenis Psikotes
  1. Tes Verbal, yaitu tes analogi ( padanan hubungan ), sinonim ( persamaan kata ) dan antonym ( perlawanan kata ).
  2. Tes Angka, meliputi tes matematika, angka berpola, deret angka, deret huruf, dll.
  3. Tes Ketelitian
  4. Tes Logika atau Penawaran.
  5. Tes Spasial atau Gambar.

Persiapan Sebelum Psikotes

Layaknya ujian nasional, psikotes juga membutuhkan persiapan maksimal sebelum dilakukan. Hal ini bertujuan agar hasil yang didapat sesuai dengan apa yang telah diharapakan.

  • Pelajari Soal Psikotes
Jika Anda mampir ke toko buku di kota Anda dan memerlukan buku panduan psikotes, maka Anda akan menemui begitu banyak penerbit menawarkan buku- buku pelatihan psikotes. Buku- buku ini biasanya sudah berisi lengkap pertanyaan dan jawaban. Semakin Anda banyak belajar soal- soal psikotes, maka Anda akan semakin percaya diri dan siap dalam menghadapinya.
  • Cari Wawasan dan Pengetahuan
Penting sekali memperluas wawasan Anda untuk mendongkrak rasa percaya diri sebelum tes. Apalagi seoal pengetahuan umum juga sering muncul di psikotes. Adapun media yang dapat membantu Anda dalam hal ini antara lain Koran, majalah, televise, radio dan internet.
  • Persiapkan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
   Tubuh yang sehat dan bugar akan membantu Anda untuk lebih berkosentrasi saat ujian dengan baik.
  • Positive Thinking
Jangan pernah berpikir Anda akan gagal dalam psikotes karena hal ini dapat membuat diri Anda pesimis dan tidak fokus. Sebaliknya, berpikirlah positif dan yakin Anda dapat melalui
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About